
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris: Latihan Soal Kelas 7
Belajar Bahasa Inggris di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan fondasi penting untuk menguasai bahasa internasional ini. Bagi siswa kelas 7, pemahaman materi yang diajarkan di awal tahun ajaran menjadi krusial untuk kelancaran pembelajaran selanjutnya. Bab 1 hingga 4 umumnya mencakup topik-topik dasar yang membentuk kosakata, tata bahasa, dan kemampuan berkomunikasi awal. Artikel ini akan menyajikan contoh soal yang mencakup materi dari Bab 1 hingga Bab 4, beserta penjelasannya, untuk membantu siswa kelas 7 dalam berlatih dan mengukur pemahaman mereka.
Outline Artikel:
-
Pendahuluan
- Pentingnya pemahaman materi awal Bahasa Inggris kelas 7.
- Tujuan artikel: menyediakan contoh soal dan penjelasan.
- Cakupan materi: Bab 1-4.
-
Bab 1: Introducing Myself and Others
- Fokus materi: salam, perkenalan diri, menanyakan dan menyebutkan nama, usia, asal, dan hobi.
- Contoh Soal 1: Melengkapi Dialog Perkenalan.
- Contoh Soal 2: Menjawab Pertanyaan Pribadi.
- Contoh Soal 3: Mengidentifikasi Informasi dari Teks Singkat.
- Pembahasan dan Tips.
-
Bab 2: Things Around Me
- Fokus materi: kosakata benda-benda di sekitar (kelas, rumah, sekolah), penggunaan this dan that, these dan those, serta artikel a dan an.
- Contoh Soal 1: Mencocokkan Gambar dengan Kata.
- Contoh Soal 2: Melengkapi Kalimat dengan this/that/these/those.
- Contoh Soal 3: Memilih Artikel yang Tepat (a/an).
- Pembahasan dan Tips.
-
Bab 3: My Daily Activities
- Fokus materi: kosakata kegiatan sehari-hari, penggunaan Simple Present Tense untuk kebiasaan, kata keterangan frekuensi (always, usually, often, sometimes, never).
- Contoh Soal 1: Menyusun Kalimat Berdasarkan Urutan Kegiatan.
- Contoh Soal 2: Mengisi Rumpang dengan Kata Kerja Bentuk Dasar.
- Contoh Soal 3: Memilih Kata Keterangan Frekuensi yang Tepat.
- Pembahasan dan Tips.
-
Bab 4: Asking for and Giving Information
- Fokus materi: menanyakan dan memberi informasi tentang waktu, hari, bulan, tanggal, serta meminta dan memberi izin sederhana.
- Contoh Soal 1: Menjawab Pertanyaan tentang Waktu.
- Contoh Soal 2: Melengkapi Dialog Permintaan Izin.
- Contoh Soal 3: Menyusun Pertanyaan Sederhana.
- Pembahasan dan Tips.
-
Penutup
- Pentingnya latihan rutin.
- Dorongan untuk terus belajar.

Bab 1: Introducing Myself and Others
Bab pertama biasanya memperkenalkan siswa pada dasar-dasar interaksi sosial dalam Bahasa Inggris. Ini mencakup cara menyapa, memperkenalkan diri sendiri, serta menanyakan dan memberikan informasi dasar tentang orang lain seperti nama, usia, asal, dan hobi.
Contoh Soal 1: Melengkapi Dialog Perkenalan
Lengkapi dialog berikut dengan jawaban yang paling tepat.
- A: Hello! My name is Budi.
- B: Hi, Budi! My name is __.
- A: Nice to meet you, __.
- B: Nice to meet you, too. __ are you from?
- A: I am from Jakarta. And you?
- B: I am from Bandung. __ you like playing football?
- A: Yes, I do. I love football. What about you?
- B: I like swimming.
Pilihan Jawaban:
a. Ani, you, Where, Do
b. Ani, Ani, Where, Do
c. Rina, you, What, Do
d. Ani, Ani, What, Are
Pembahasan:
- Pada kalimat kedua, Budi menyapa Ani, jadi Ani akan memperkenalkan namanya. Pilihan yang tepat adalah "Ani".
- Pada kalimat ketiga, sapaan "Nice to meet you" dibalas dengan "Nice to meet you, too". Maka, Budi akan membalas sapaan Ani. Pilihan yang tepat adalah "Ani".
- Pada kalimat keempat, Budi menanyakan asal Budi. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan asal adalah "Where".
- Pada kalimat kelima, Budi menanyakan apakah Budi suka bermain sepak bola. Ini adalah pertanyaan ya/tidak yang membutuhkan kata kerja bantu "Do".
Jawaban yang tepat adalah b. Ani, Ani, Where, Do.
Contoh Soal 2: Menjawab Pertanyaan Pribadi
Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut dan jawablah dengan informasi pribadi Anda.
- What is your name?
- How old are you?
- Where do you live?
- What is your hobby?
Contoh Jawaban (sesuaikan dengan informasi Anda):
- My name is .
- I am years old.
- I live in .
- My hobby is .
Pembahasan:
Soal ini bertujuan untuk melatih kemampuan menjawab pertanyaan dasar tentang diri sendiri. Penting untuk menggunakan struktur kalimat yang benar dan kosakata yang sesuai.
Contoh Soal 3: Mengidentifikasi Informasi dari Teks Singkat
Read the text and answer the questions.
"Hello, my name is Siti. I am 12 years old. I live in Surabaya. I like reading books and drawing."
- What is her name?
- How old is she?
- Where does she live?
- What are her hobbies?
Pembahasan:
- Her name is Siti.
- She is 12 years old.
- She lives in Surabaya.
- Her hobbies are reading books and drawing.
Soal ini menguji kemampuan membaca dan memahami informasi spesifik dari sebuah teks pendek.
Tips Bab 1: Latih pengucapan nama dan sapaan. Hafalkan kosakata terkait perkenalan dan cobalah berlatih dialog dengan teman atau keluarga.
Bab 2: Things Around Me
Bab ini berfokus pada pengenalan kosakata benda-benda yang ada di sekitar siswa, baik di dalam kelas, di rumah, maupun di sekolah. Selain itu, materi ini juga membahas penggunaan demonstrative pronouns (this, that, these, those) dan artikel (a, an).
Contoh Soal 1: Mencocokkan Gambar dengan Kata
Pasangkan gambar di bawah ini dengan kata yang tepat.
(Asumsikan ada gambar-gambar seperti buku, pensil, kursi, meja, tas, dan jendela. Dan ada daftar kata di sampingnya)
Daftar Kata:
- Book
- Pencil
- Chair
- Table
- Bag
- Window
Pembahasan:
Siswa diminta mencocokkan gambar dengan nama benda dalam Bahasa Inggris. Ini melatih kosakata dan kemampuan visual.
Contoh Soal 2: Melengkapi Kalimat dengan this/that/these/those
Pilih kata yang tepat (this, that, these, atau those) untuk melengkapi kalimat berikut.
- Look at __ book on the table. It is mine. (Buku di atas meja, dekat pembicara)
- __ are my shoes under the bed. (Sepatu di bawah tempat tidur, jauh dari pembicara, jamak)
- __ is a new pen. I just bought it yesterday. (Pulpen di tangan pembicara, tunggal)
- __ are the students in the classroom. They are my friends. (Murid-murid di dalam kelas, jamak, dekat pembicara)
- __ is a tall tree in front of my house. (Pohon tinggi di depan rumah, jauh dari pembicara, tunggal)
Pembahasan:
- This digunakan untuk benda tunggal yang dekat.
- That digunakan untuk benda tunggal yang jauh.
- These digunakan untuk benda jamak yang dekat.
- Those digunakan untuk benda jamak yang jauh.
Jawaban:
- this
- those
- this
- these
- that
Contoh Soal 3: Memilih Artikel yang Tepat (a/an)
Isilah titik-titik dengan a atau an.
- I have __ apple.
- She reads __ interesting book.
- He is __ doctor.
- It is __ umbrella.
- We need __ new chair.
Pembahasan:
- Gunakan a sebelum kata benda tunggal yang diawali dengan bunyi konsonan.
- Gunakan an sebelum kata benda tunggal yang diawali dengan bunyi vokal (a, e, i, o, u).
Jawaban:
- an (apple diawali bunyi ‘a’)
- an (interesting diawali bunyi ‘i’)
- a (doctor diawali bunyi ‘d’)
- an (umbrella diawali bunyi ‘u’)
- a (new diawali bunyi ‘n’)
Tips Bab 2: Buatlah daftar kosakata benda-benda di sekitar Anda. Gunakan kartu flashcard untuk menghafal. Latih penggunaan this/that/these/those dengan menunjuk benda-benda di sekitar Anda.
Bab 3: My Daily Activities
Bab ini memperkenalkan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan cara mengungkapkannya menggunakan Simple Present Tense. Materi ini juga mencakup kata keterangan frekuensi untuk menggambarkan seberapa sering suatu kegiatan dilakukan.
Contoh Soal 1: Menyusun Kalimat Berdasarkan Urutan Kegiatan
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar mengenai kegiatan sehari-hari.
- I / breakfast / eat / at / 7 AM / usually
- go / school / I / to / by / bus / always
- sometimes / friends / meet / my / I
- never / TV / I / watch / late / at / night
Pembahasan:
Struktur dasar kalimat positif dalam Simple Present Tense adalah Subject + Verb 1 (+s/es) + Object/Complement. Kata keterangan frekuensi biasanya diletakkan sebelum kata kerja utama.
Jawaban:
- I usually eat breakfast at 7 AM.
- I always go to school by bus.
- I sometimes meet my friends.
- I never watch TV late at night.
Contoh Soal 2: Mengisi Rumpang dengan Kata Kerja Bentuk Dasar
Lengkapi kalimat berikut dengan bentuk kata kerja yang tepat dalam kurung. Gunakan Simple Present Tense.
- My mother __ (cook) dinner every evening.
- The students __ (study) English in the classroom.
- He __ (wake up) at 5 AM.
- They __ (play) football on Sundays.
- She __ (listen) to music in her room.
Pembahasan:
Untuk subjek I, you, we, they dan subjek jamak, gunakan kata kerja bentuk dasar (Verb 1). Untuk subjek he, she, it dan subjek tunggal, tambahkan -s atau -es pada kata kerja.
Jawaban:
- cooks (mother = she)
- study (students = they)
- wakes up (He)
- play (They)
- listens (She)
Contoh Soal 3: Memilih Kata Keterangan Frekuensi yang Tepat
Pilih kata keterangan frekuensi yang paling sesuai untuk melengkapi kalimat.
- I __ go to the library. I love reading. (always / sometimes / never)
- He is very busy. He __ has free time. (always / often / rarely)
- It rains in the desert. (always / often / never)
- We __ eat snacks before dinner. Our parents don’t allow it. (always / usually / never)
- She __ calls her grandmother. She loves her very much. (sometimes / often / never)
Pembahasan:
- Always (selalu), usually (biasanya), often (sering), sometimes (kadang-kadang), rarely (jarang), never (tidak pernah).
- Pilihlah kata yang paling logis berdasarkan konteks kalimat.
Jawaban:
- always
- rarely
- never
- never
- often
Tips Bab 3: Buatlah jadwal kegiatan harian Anda dalam Bahasa Inggris. Gunakan kata keterangan frekuensi untuk menjelaskan kebiasaan Anda. Dengarkan lagu atau tonton video tentang kegiatan sehari-hari.
Bab 4: Asking for and Giving Information
Bab ini memperkenalkan cara menanyakan dan memberikan informasi terkait waktu, hari, bulan, dan tanggal. Selain itu, materi ini juga mencakup ungkapan sederhana untuk meminta dan memberi izin.
Contoh Soal 1: Menjawab Pertanyaan tentang Waktu
Perhatikan jam berikut dan jawab pertanyaan di bawahnya.
(Asumsikan ada gambar jam yang menunjukkan pukul 7:30)
- What time is it?
Pembahasan:
Pukul 7:30 bisa diucapkan sebagai "half past seven" atau "seven thirty".
Jawaban: It is half past seven. / It is seven thirty.
Contoh Soal 2: Melengkapi Dialog Permintaan Izin
Lengkapi dialog berikut.
- A: Excuse me, Sir. __ I open the window? It’s hot.
- B: Yes, of course.
Pilihan Jawaban:
a. Can
b. Do
c. Are
d. Will
Pembahasan:
Ungkapan sopan untuk meminta izin adalah "Can I…?" atau "May I…?".
Jawaban yang tepat adalah a. Can.
Contoh Soal 3: Menyusun Pertanyaan Sederhana
Susunlah kata-kata berikut menjadi pertanyaan yang benar.
- is / What / the date / today?
- day / What / is / today?
- can / borrow / I / your / pen?
Pembahasan:
Membuat pertanyaan yang benar sangat penting untuk komunikasi. Perhatikan urutan kata dalam kalimat tanya.
Jawaban:
- What is the date today?
- What day is today?
- Can I borrow your pen?
Tips Bab 4: Latih diri Anda untuk membaca jam dan menulis tanggal dalam Bahasa Inggris. Cobalah meminta dan memberi izin dalam situasi sehari-hari. Ucapkan pertanyaan-pertanyaan ini berulang kali agar terbiasa.
Penutup
Memahami dan menguasai materi-materi dasar yang tercakup dalam Bab 1 hingga 4 adalah langkah awal yang sangat baik bagi siswa kelas 7 dalam perjalanan belajar Bahasa Inggris mereka. Contoh soal yang disajikan di atas bertujuan untuk memberikan gambaran tentang jenis pertanyaan yang mungkin dihadapi dan bagaimana cara menjawabnya. Ingatlah bahwa latihan yang konsisten adalah kunci keberhasilan. Teruslah berlatih, bertanya jika ada yang tidak dimengerti, dan jangan takut untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai kesempatan. Semangat belajar!