
Tema 8: Lingkunganku
Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:

- 3.8 Mengidentifikasi kosakata tentang lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam teks lisan dan tulisan.
- 4.8 Menyampaikan informasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dengan menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Contoh Soal:
-
Bacalah teks berikut dengan saksama!
"Rumahku terletak di desa yang asri. Di sekeliling rumahku terdapat banyak pohon hijau. Udara di sini terasa segar. Pagi hari, aku suka duduk di teras sambil menikmati pemandangan. Ada hamparan sawah yang membentang luas di kejauhan. Suara burung berkicau menambah indahnya suasana. Penduduk desa hidup rukun dan saling membantu."
a. Kosakata apa saja yang menggambarkan keindahan desa dalam teks tersebut? (Contoh: asri, hijau, segar, luas, indah, rukun)
b. Bagaimana perasaanmu ketika berada di desa yang asri seperti di dalam teks? Jelaskan menggunakan kata-katamu sendiri!
c. Buatlah satu kalimat menggunakan kata "sawah"!
d. Apa yang dilakukan penduduk desa agar hidup mereka rukun? -
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Pemandangan desa dengan sawah, gunung, dan rumah-rumah penduduk)
a. Tuliskan tiga kosakata yang menggambarkan pemandangan pada gambar tersebut!
b. Ceritakan secara singkat apa yang kamu lihat pada gambar tersebut menggunakan kata-katamu sendiri!
c. Jika kamu tinggal di tempat seperti gambar tersebut, kegiatan apa yang ingin kamu lakukan? -
Siti tinggal di sebuah kota. Kota Siti ramai dan padat. Banyak gedung tinggi menjulang. Kendaraan lalu lalang sepanjang hari. Udara di kota terkadang terasa panas.
a. Bandingkan lingkungan tempat tinggalmu dengan lingkungan tempat tinggal Siti. Gunakan minimal dua kosakata berbeda untuk menggambarkan kedua lingkungan tersebut!
b. Bagaimana perasaanmu jika tinggal di kota yang ramai seperti Siti?
Muatan Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar:
- 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
- 4.5 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Soal:
-
Di kebun belakang rumah Budi tumbuh 15 pohon mangga. Ayah menanam lagi 12 pohon mangga. Berapa jumlah seluruh pohon mangga di kebun Budi sekarang?
- Diketahui:
- Jumlah pohon mangga awal: 15
- Jumlah pohon mangga yang ditanam lagi: 12
- Ditanya: Jumlah seluruh pohon mangga.
- Penyelesaian:
15 + 12 = ____ - Jadi, jumlah seluruh pohon mangga di kebun Budi adalah ____ pohon.
- Diketahui:
-
Ibu membeli 35 buah apel. Sebanyak 18 buah apel dimakan oleh keluarga. Berapa sisa buah apel Ibu sekarang?
- Diketahui:
- Jumlah apel Ibu: 35
- Jumlah apel yang dimakan: 18
- Ditanya: Sisa apel Ibu.
- Penyelesaian:
35 – 18 = ____ - Jadi, sisa buah apel Ibu adalah ____ buah.
- Diketahui:
-
Adi memiliki 23 kelereng. Kakaknya memberinya 14 kelereng lagi. Kemudian, Adi memberikan 10 kelereng kepada temannya. Berapa kelereng Adi sekarang?
- Langkah 1: Cari jumlah kelereng Adi setelah diberi kakaknya.
23 + 14 = ____ - Langkah 2: Kurangi jumlah kelereng Adi dengan yang diberikan kepada temannya.
– 10 = - Jadi, kelereng Adi sekarang adalah ____ buah.
- Langkah 1: Cari jumlah kelereng Adi setelah diberi kakaknya.
-
Di sebuah taman ada 42 bunga mawar merah dan 27 bunga mawar putih. Berapa selisih bunga mawar merah dan bunga mawar putih?
- Diketahui:
- Bunga mawar merah: 42
- Bunga mawar putih: 27
- Ditanya: Selisih bunga mawar merah dan bunga mawar putih.
- Penyelesaian:
42 – 27 = ____ - Jadi, selisih bunga mawar merah dan bunga mawar putih adalah ____ kuntum.
- Diketahui:
Muatan Pelajaran: PPKn
Kompetensi Dasar:
- 3.1 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
- 4.1 Melaksanakan perilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Contoh Soal:
-
Sebutkan dua aturan yang biasa kamu lakukan di rumah agar lingkungan rumahmu tetap bersih!
- Jawaban:
a.
b.
- Jawaban:
-
Ayah meminta Adi untuk merapikan mainannya setelah selesai bermain. Mengapa Adi harus mengikuti permintaan Ayah? Jelaskan!
- Jawaban: ___
-
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Seorang anak sedang membuang sampah pada tempat sampah)
a. Apa yang dilakukan anak pada gambar tersebut?
b. Termasuk aturan apakah kegiatan tersebut? (Contoh: aturan menjaga kebersihan)
c. Mengapa penting untuk membuang sampah pada tempatnya? -
Bagaimana cara kamu menjaga kebersihan lingkungan kamarmu? Tuliskan dua cara!
- Jawaban:
a.
b.
- Jawaban:
Subtema 2: Musim Kemarau
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
- 3.8 Mengidentifikasi kosakata tentang lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam teks lisan dan tulisan.
- 4.8 Menyampaikan informasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dengan menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Contoh Soal:
-
Bacalah teks berikut dengan saksama!
"Saat musim kemarau, cuaca terasa panas. Matahari bersinar terik. Daun-daun di pohon mulai mengering dan berguguran. Sungai-sungai mengering, menyisakan sedikit air. Hewan-hewan mencari sumber air untuk minum. Petani terkadang kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka."
a. Kosakata apa saja yang menggambarkan suasana musim kemarau dalam teks tersebut? (Contoh: panas, terik, mengering, berguguran, kesulitan)
b. Apa yang terjadi pada sungai saat musim kemarau?
c. Bagaimana perasaan petani saat musim kemarau?
d. Buatlah satu kalimat menggunakan kata "matahari"! -
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Pemandangan saat musim kemarau dengan tanah retak dan pohon kering)
a. Tuliskan tiga kosakata yang menggambarkan suasana pada gambar tersebut!
b. Ceritakan secara singkat apa yang kamu lihat pada gambar tersebut menggunakan kata-katamu sendiri!
c. Apa yang biasanya kamu lakukan saat cuaca panas? -
Saat musim kemarau, kita perlu menghemat air. Menghemat air adalah perbuatan baik.
a. Mengapa kita perlu menghemat air saat musim kemarau?
b. Berikan satu contoh cara menghemat air di rumah!
Muatan Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar:
- 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
- 4.5 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Soal:
-
Ibu memiliki 50 liter air di bak mandi. Karena musim kemarau, Ibu hanya menggunakan 25 liter air untuk mandi dan keperluan lainnya. Berapa sisa air di bak mandi Ibu?
- Diketahui:
- Jumlah air awal: 50 liter
- Jumlah air yang digunakan: 25 liter
- Ditanya: Sisa air.
- Penyelesaian:
50 – 25 = ____ - Jadi, sisa air di bak mandi Ibu adalah ____ liter.
- Diketahui:
-
Pak Tani memiliki 36 karung beras. Sebanyak 19 karung beras sudah dijual. Berapa karung beras Pak Tani yang masih tersisa?
- Diketahui:
- Jumlah karung beras awal: 36
- Jumlah karung beras yang dijual: 19
- Ditanya: Sisa karung beras.
- Penyelesaian:
36 – 19 = ____ - Jadi, karung beras Pak Tani yang masih tersisa adalah ____ karung.
- Diketahui:
-
Adi mengumpulkan 28 helai daun kering. Kakaknya memberinya 15 helai daun kering lagi. Berapa jumlah helai daun kering yang Adi miliki sekarang?
- Diketahui:
- Daun kering Adi: 28 helai
- Daun kering dari kakak: 15 helai
- Ditanya: Jumlah seluruh daun kering Adi.
- Penyelesaian:
28 + 15 = ____ - Jadi, jumlah helai daun kering yang Adi miliki sekarang adalah ____ helai.
- Diketahui:
-
Di sebuah keran, air menetes sebanyak 60 tetes dalam 1 menit. Jika air hanya menetes selama 3 menit, berapa total tetesan air yang terbuang? (Ini adalah contoh soal yang sedikit lebih menantang, bisa disesuaikan tingkat kesulitannya)
- Diketahui:
- Tetesan per menit: 60
- Waktu menetes: 3 menit
- Ditanya: Total tetesan air.
- Penyelesaian:
60 x 3 = ____ (Jika penjumlahan berulang sudah diajarkan, bisa juga 60 + 60 + 60) - Jadi, total tetesan air yang terbuang adalah ____ tetes.
- Diketahui:
Muatan Pelajaran: PPKn
Kompetensi Dasar:
- 3.2 Mengidentifikasi sikap positif yang sesuai dengan aturan di tempat bermain.
- 4.2 Menunjukkan perilaku positif yang sesuai dengan aturan di tempat bermain.
Contoh Soal:
-
Siti dan teman-teman bermain petak umpet di taman. Mereka membuat aturan agar permainan berjalan lancar. Apa saja contoh aturan yang baik saat bermain di taman? Sebutkan dua!
- Jawaban:
a.
b.
- Jawaban:
-
Saat bermain, Budi mendorong temannya hingga terjatuh. Apakah perbuatan Budi sesuai dengan aturan bermain yang baik? Jelaskan mengapa!
- Jawaban: ___
-
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Anak-anak bermain ayunan secara bergantian dengan tertib)
a. Apa yang dilakukan anak-anak pada gambar tersebut?
b. Termasuk sikap positif apakah kegiatan tersebut? (Contoh: antri, berbagi)
c. Mengapa penting untuk bermain secara bergantian dan tertib? -
Kamu sedang bermain bola bersama teman-teman. Tiba-tiba bola menggelinding ke jalan raya. Apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- Jawaban: ___
Subtema 3: Perubahan Musim
Muatan Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
- 3.8 Mengidentifikasi kosakata tentang lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam teks lisan dan tulisan.
- 4.8 Menyampaikan informasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan lingkungan geografis, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dengan menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Contoh Soal:
-
Bacalah teks berikut dengan saksama!
"Indonesia adalah negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Saat musim hujan, langit sering mendung dan turun hujan. Suhu udara terasa lebih dingin. Daun-daun muda tumbuh subur. Saat musim kemarau, matahari bersinar cerah dan udara terasa panas. Tanaman membutuhkan air agar tetap hidup."
a. Sebutkan dua musim yang ada di Indonesia berdasarkan teks!
b. Kosakata apa saja yang menggambarkan suasana musim hujan?
c. Kosakata apa saja yang menggambarkan suasana musim kemarau?
d. Buatlah satu kalimat menggunakan kata "tropis"! -
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Anak-anak bermain di bawah terik matahari, dengan pakaian yang ringan)
a. Musim apakah yang digambarkan pada gambar tersebut?
b. Tuliskan tiga kosakata yang menggambarkan suasana pada gambar tersebut!
c. Kegiatan apa yang cocok dilakukan saat musim seperti pada gambar? -
Perhatikan gambar berikut!
(Gambar: Anak-anak memakai jas hujan dan payung, berjalan di tengah hujan)
a. Musim apakah yang digambarkan pada gambar tersebut?
b. Tuliskan tiga kosakata yang menggambarkan suasana pada gambar tersebut!
c. Apa saja yang perlu disiapkan jika ingin bepergian saat musim seperti pada gambar?
Muatan Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar:
- 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
- 4.5 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai 99 dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Soal:
-
Di sebuah toko buku, tersedia 45 buku cerita bergambar. Sebanyak 22 buku cerita bergambar sudah terjual. Berapa sisa buku cerita bergambar di toko tersebut?
- Diketahui:
- Jumlah buku awal: 45
- Jumlah buku terjual: 22
- Ditanya: Sisa buku.
- Penyelesaian:
45 – 22 = ____ - Jadi, sisa buku cerita bergambar di toko tersebut adalah ____ buah.
- Diketahui:
-
Ayah membeli 30 bibit pohon mangga dan 25 bibit pohon jambu. Berapa jumlah seluruh bibit pohon yang dibeli Ayah?
- Diketahui:
- Bibit pohon mangga: 30
- Bibit pohon jambu: 25
- Ditanya: Jumlah seluruh bibit pohon.
- Penyelesaian:
30 + 25 = ____ - Jadi, jumlah seluruh bibit pohon yang dibeli Ayah adalah ____ bibit.
- Diketahui:
-
Siti memiliki 52 buah kelereng. Ia bermain kelereng dengan Budi dan menang 18 kelereng. Berapa jumlah kelereng Siti sekarang?
- Diketahui:
- Kelereng Siti awal: 52
- Kelereng yang dimenangkan: 18
- Ditanya: Jumlah kelereng Siti sekarang.
- Penyelesaian:
52 + 18 = ____ - Jadi, jumlah kelereng Siti sekarang adalah ____ buah.
- Diketahui:
-
Ibu membuat 60 kue nastar. Sebanyak 35 kue nastar diberikan kepada tetangga. Berapa sisa kue nastar Ibu?
- Diketahui:
- Jumlah kue nastar awal: 60
- Jumlah kue nastar diberikan: 35
- Ditanya: Sisa kue nastar.
- Penyelesaian:
60 – 35 = ____ - Jadi, sisa kue nastar Ibu adalah ____ buah.
- Diketahui:
Muatan Pelajaran: SBdP
Kompetensi Dasar:
- 3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu.
- 4.2 Menirukan pola irama sederhana melalui lagu.
Contoh Soal:
-
Dengarkan lagu "Pelangi-Pelangi" yang dinyanyikan guru. Tunjukkan bagian mana dari lagu tersebut yang memiliki pola irama yang sama!
- (Guru dapat memainkan atau menyanyikan lagu, lalu meminta siswa menunjuk atau mengulang bagian yang sama)
-
Guru akan menepuk tangan mengikuti pola irama tertentu. Tirukan pola tepukan tangan guru!
- (Guru memberikan contoh pola tepukan tangan, misalnya: tepuk, tepuk, tepuk diam. Siswa menirukan.)
-
Perhatikan lirik lagu berikut!
"Tik tik tik bunyi hujan
Di atas genting
Airnya turun
Tidak terkira"a. Cobalah tepuk tangan mengikuti irama kata "Tik tik tik"?
b. Cobalah tepuk tangan mengikuti irama kata "Di atas genting"?
c. Apakah pola irama pada kedua bagian tersebut sama atau berbeda? Jelaskan! -
Buatlah pola irama sederhana menggunakan kata-kata atau tepukan tangan! (Contoh: "La la la", "dung dung", atau tepukan yang berulang)
- Jawaban: _____
Artikel ini menyajikan contoh soal yang mencakup berbagai muatan pelajaran dalam Tema 8 "Lingkunganku" untuk siswa kelas 1 Kurikulum 2013. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap kosakata, kemampuan berhitung sederhana, pemahaman aturan, serta pengenalan pola irama. Dengan format yang jelas dan penjelasan yang mudah dipahami, artikel ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru dan orang tua dalam mendampingi proses belajar siswa.